Cara Mengganti Domain Utama/Main Domain di Niagahoster

Hosting dan Domain adalah kelengkapan yang sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah website. Hosting secara sederhana bisa dijelaskan sebagai sebuah ruang penyimpanan dokumen dan file sebuah website.

Sementara domain berupa nama atau alamat yang menjadi petunjuk bagi orang yang ingin mengakses website. Tentu kedua bagian ini harus saling terkoneksi.
ganti domain utama di akun hosting
domain dan hosting

Untuk mendapatkan domain dan website ini biasanya anda harus menyewa dalam waktu yang paling lazim dihitung secara tahunan. Ya, memang mereka terkadang dipromosikan sebagai suatu paket ‘ beli hosting gratis domain’.

Tetapi ini rata rata promo tersebut berlaku hanya untuk tahun pertama. Tahun berikutnya anda harus membayar sewa domain dan hosting masing masing. Sedikit tips untuk anda, usahakan membeli domain dengan biaya perpanjangan yang terjangkau di kocek anda.

Namun koneksi antara domain dan hosting ini tidak berarti harus selamanya. Mereka bisa dipisahkan dan dipasangkan dengan yang baru.

Sebagai contoh, anda membeli paket Domain A yang otomatis tersambung dengan hosting pada tahun pertama. Di tahun berikutnya ternyata anda ingin mengganti domain A dan menyambungkan Domain B pada hostingan tersebut. Bagaimana cara mengganti main domain / domain utama pada hosting?

Ganti Main Domain pada Hosting cPanel?

Biasanya untuk penggantian domain utama anda tidak harus mengutak atik cPanel. Beberapa hosting telah memberikan fasilitas yang memudahkan penggantian domain utama pada akun dashboard tempat anda membeli host itu sendiri.

Sebagai contoh, di Niagahoster (untuk hosting lain mungkin bisa diikuti langkahnya dengan menu yang sama karena biasanya hanya beda tampilan saja akun dashboard hostingan tersebut). Langkah ini bisa dilakukan dengan sangat mudah dan dalam hitungan beberapa menit saja.

Cara Ganti Domain utama di Hostingan Niagahoster

Awal dari semuanya, anda tentu harus masuk ke akun niagahoster anda. Kemudian pilih menu layanan pada bagian bilah kiri. 
Ganti Main Domain pada Hosting cPanel
Ganti Main Domain pada Hosting cPanel

Selanjutnya pilih Kelola Hosting. Sesampai di halaman tersebut anda akan melihat beberapa menu tab. Di bagian atas rincian. Posisikan pada tab Domain
ganti domain pada hosting
Ganti Main Domain di Akun Member Area Hosting

Silakan masukkan domain baru pada kolom tersedia. Terakhir anda bisa pilih tombol Ubah Domain.

Mengarahkan Domain ke Nameserver Layanan Hosting

Untuk langkah berikut ini anda harus sesuaikan dengan name server layanan hosting yang anda gunakan. Karena masing masing penyedia hosting memiliki name server tersendiri. Bagi pengguna niagahoster, nameserver di arahkan ke: 
  1. ns1.niagahoster.com
  2. ns2.niagahoster.com
Kembali pilih menu Layanan Anda di bagian kiri. Kemudian silakan pilih Domain. Lanjutkanlah dengan Kelola Domain. Lalu pilih Nameserver pada menu tab atas. Isikan 2 Nameserver di atas pada kolom tersedia.

Atau jika domain anda berada tidak dalam satu akun, bahkan tidak satu penyedia layanan sekalipun (misal domain anda ada di rumahweb) maka tetap nameserver tersebut yang akan anda taruh di Nameserver domain.

Demikianlah cara mudah untuk mengganti domain utama/main domain dari akun client area niagahoster. Jika ada kendala dalam melakukan proses di atas anda bisa gunakan kolom komentar untuk berdiskusi.