Cara Mendapatkan SSL Gratis dari Akun cPanel

Teknologi keamanan standar ketika membuat sambungan enskripsi antara klien dan server dikenal dengan istilah SSL (Secure Sockets Layer). Sistem keamanan ini memastikan info dengan tingkat sensitivitas tinggi seperti nomer rekening, nomor kartu kredit dan credit log in bisa terkirim secara aman.

SSL certificate Lets Encrypt
http & https?

Pada dasarnya informasi yang dikirim dari browser ke server web bentuknya adalah plain-text. Informasi semacam itu sangat mudah untuk dicuri dan terbaca oleh oknum tertentu. Untum itu perlu informasi tersebut di kirim dalam bentuk enskripsi agar lebih aman.

Cara Kerja SSL Keamanan Website

Prinsip kerja dari SSL ini seperti penyandian dimana peran SSL sebagai protokol kemanan. Protokol ini akan membuat sebuah aturan algoritma yang mesti digunakan. 

Protokol ini nanti yang memberi standar/ketentuan proses penyandian atau enkripsi saat terjadi transfer data dari browser ke server website. Sebagai pengguna sah dari SSL ini maka perlu diterbitkan SSL Certificate.

Hal paling sederhana jika anda sebagai user untuk menandakan kapan sebuah website menggunakan SSL atau tidak adalah dengan melihat awalan website. Halaman yang sudah menggunakan sertifikat SSL Ini biasanya di awali dengan https.

Dari sisi pemilik web, bagaimana cara mengaktifkan dan mendapatkan sertifikat SSL ini, tentunya ini berbicara mengenai reputasi dan kepercayaan serta keamanan dari website anda sendiri.

Mendapatkan SSL Gratis di cPanel

Pada dasarnya, pihak penyedia hosting rata rata sudah memberikan fasilitas ini di akun cPanel anda. Jadi sebenarnya ini sudah ada di akun cPanel anda.

Silakan anda melihat di akun cPanel anda. Tepatnya pada bagian kotak Security.
Free SSL from Let's Encrypt
Free SSL from Let's Encrypt

Bisa diperhatikan dengan jelas dari gambar di atas Lets Encrypt SSL. Anda bisa memilih tersebut yang dilambangkan dengan gembok.

Mengaktifkan SSL dari Lets Encrypt

Setelah memilih maka anda akan berada pada halaman tabel. Terlihat nama domain dan subdomain anda pada tabel tersebut. Anda bisa mengaktifkan SSL tersebut dengan memilih domain atau subdomain yang anda mau, dengan langkah
  1. Pilih +Issue
  2. Tambahkan Wildcard
  3. Pilih DNS-01 dibagian bawah jalaman
  4. Centang bagian Incluede Wildcard
  5. Lanjutkan dengan tombol Issue untuk menambahkan dan menertbitkan sertifikan SSL
Dengan 5 langkah di atas anda telah mendapatkan sertifikat SSL demi keamanan website anda. Untuk menguji apakah website anda sudah mendapatkan SSL Certificate atau belum, coba lah akses website dengan awalan https://namawebsiteanda.com

Ingat mungkin tidak semua penyedia hosting memberikan SSL ini. Ada baiknya sebelum memutuskan untuk memilih tempat membeli hosting yang murah anda juga tanyakan fitur SSL. Jika tidak dilengkapi dengan SSL, artinya anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk sertifikat keamanan website nantinya.